wptemplates.org
RSS Feed

Senin, 14 Mei 2012

Inilah Alasannya Kenapa Apel, Jeruk dan Bawang Bagus untuk Jantung

Para ilmuwan dari Harvard medical School mengklaim, senyawa kimia yang ada di apel, jeruk, dan bawang dapat mencegah pembekuan darah. Mereka juga yakin bahwa rutoside yang terdapat pada teh hitam dan hijau juga dapat digunakan untuk melindungi tubuh kita dari serangan jantung dan stroke.
Para peneliti ini menemukan bahwa senyawa-senyawa ini dapat secara potensial memblok enzim jahat terkait pembekuan darah. Enzim yang juga dikenal dengan protein disulfida isomerase ini dihasilkan dengan cepat ketika terjadi pembekuan darah di pembuluh arteri dan vena.
Mereka mengetes secara rutin 500 senyawa berbeda lainnya yang berguna untuk mencegah pembekuan darah. Hasilnya, diketahui bahwa rutin atau rutoside jauh lebih efektif dibandingkan senyawa lain. Para peneliti mengklaim rutin dapat mencegah pembekuan darah di arteri dan vena seperti dipublikasikan Journal of Clinical.
”Rutin terbukti menjadi senyawa anti-trombotik yang paling potensial. Gumpalan di arteri kaya akan trombosit, sedangkan di vena kaya akan fibrin. Penemuan ini menunjukkan, satu senyawa (rutin) dapat mengatasi kedua jenis gumpalan. Sungguh sebuah obat yang murah dan dapat mengobati pembekuan darah sehingga diharapkan dapat menyelamatkan ribuan nyawa,” kata Professor Robert Flaumenhaft, dari Harvard Medical School.
Pembekuan darah atau trombosis yang terjadi di arteri dan vena dapat membatasi bahkan menghambat atau menghentikan aliran darah. Jika pembekuan ini terjadi pada aliran darah yang mengaralir ke jantung, maka dapat menyebabkan serangan jantung. Sedangkan pembekuan terjadi pada arteri yang menuju otak, dapat menyebabkan stroke.

0 komentar:

Posting Komentar